Penjelasan UI soal Bahlil Raih Gelar Doktor Dengan Predikat Cumlaude


BeritakanID.com - Universitas Indonesia (UI) buka suara soal sidang doktoral Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia yang digelar hari ini, Rabu (16/10).

UI menegaskan bahwa Bahlil Lahadalia tercatat sebagai mahasiswa S3 Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) sejak tahun 2022.

"Pak Bahlil tercatat sebagai mahasiswa program doktor pada SKSG UI mulai pada tahun akademik 2022/2023 term 2 hingga 2024/2025 term 1, jalur riset," kata Kepala Humas UI Amelia Lusia kepada Suara.com, dihubungi Rabu (16/10/2024).

Amel menjelaskan, bahwa masa studi Bahlil telah sesuai dengan Peraturan Rektor UI Nomor 016 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Doktor di UI.

Pada pasal 14 disebutkan bahwa Program Doktor dirancang untuk enam semester dan dapat ditempuh sekurang-kurangnya dalam empat semester dan selama-lamanya sepuluh semester.

Diketahui, Bahlil mendapat promosi doktor pascasarjana Kajian Strategik dan Global di UI. Promisi doktor Bahlil sontak menuai perhatian publik, salah satunya dalam unggahan akun X @KemenperinRI. '
Dari unggaham yang beredar di media sosial, disebutkan kalau Bahlil hanya menempuh kuliah S3 selama 1,5 tahun. Pemilik akun @KemenperinRI menyebutkan kecerdasan Bahlil yang hanya selesaikan S3 selama 1,5 tahun harusnya bisa masuk Harvard.

Sumber: suara

TUTUP
TUTUP