Detik-detik Rekapitulasi Penghitungan Suara Nasional Memasuki Babak Akhir, Prabowo-Gibran Juara di 34 Provinsi

Detik-detik Rekapitulasi Penghitungan Suara Nasional Memasuki Babak Akhir, Prabowo-Gibran Juara di 34 Provinsi

BeritakanID.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu tingkat nasional terkahir di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024). 

Mengacu pada Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi hasil penghitungan suara berlangsung berjenjang dari 15 Februari 2024 hingga 20 Maret 2024.

Hanya tersisa 2 Provinsi yang belum melaksanakan rekapitulasi nasional yakni Papua Induk atau Papua dan Papua Pegunungan.  

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya akan menyelesaikan rekapitulasi hasil suara dari kedua wilayah tersebut pada hari ini. Yang mana batas rekapitulasi suara tingkat nasional berakhir pada 20 Maret 2024. 

"Moga-moga bisa lancar dan tepat waktu sehingga kita masih bisa menetapkan hasil pemilu secara nasional atau pada tingkat nasional sesuai dengan kerangka waktu yang ditentukan UU yaitu dalam durasi paling lama 35 hari setelah hari pemungutan suara dan itu bertepatan pada tanggal 20 Maret 2024," kata Hasyim. 

Sebelumnya, KPU telah merampungkan rekapitulasi suara nasional dari 36 Provinsi di Indonesia. 

Yang terkahir pada Selasa (19/3/2024) KPU mengesahkan hasil suara dari Provinsi Jawa Barat dan Maluku. Dimana hasil suara Pilpres dari 36 Provinsi tersebut, pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka unggul di 34 Provinsi. 

Sementara Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar hanya mampu menang di 2 Provinsi. Untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD hingga saat ini masih belum mendapatkan keunggulan suara di Provinsi manapun. 

Berikut adalah rincian wilayah yang memenagkan Prabowo-Gibran: Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Banten. 

Provinsi lainnya Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Riau, Papua Barat, Bengkulu, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, NTB, Papua Selatan, Jambi, Sumatera Utara, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Papua Tengah, Papua Barat Daya, Jawa Barat dan Maluku. Untuk pasangan nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar unggul di Provinsi Sumatera Barat dan Aceh

Sumber: tvOne

TUTUP
TUTUP