Rakornas Apdesi, Anies: Pemerintah Desa Telah Menjaga Republik Ini Tetap Teduh

Rakornas Apdesi, Anies: Pemerintah Desa Telah Menjaga Republik Ini Tetap Teduh

BeritakanID.com - Inilah garda terdepan kita. Inilah penjaga penggerak desa-desa di seluruh Indonesia. Inilah pribadi-pribadi yang jam 02.00 WIB diketuk warga. Semua urusan ada.

“Saya pun merasakan. Ketika dulu tugas di kementerian. Tugasnya berurusannya dengan kertas. Kalau bertugas di masyarakat urusannya dengan orang. Dengan manusia. Dengan urusan yang nyata. Dan, saya membayangkan yang paling dekat,” kata bakal Capres Anies Baswedan.

Anies Baswedan mengungkapkan hal itu saat hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Provinsi Jambi, Rabu (26/07/2023).

Karena itu, menurut Anies, kepala desa dan perangkatnya adalah pemimpin yang paling dekat dengan masyarakat. Dan, mereka itulah paling banyak ditonton.

“Kalau baik langsung kelihatan. Kalau bermasalah langsung kelihatan. Dan, kalau diakui pemimpin maka dia betul-betul menjadi pemimpin di desa itu,” ujar Anies di hadapan para anggota Apdesi.

Anies juga mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan perangkat di seluruh Indonesia, anggota Apdesi. Baik yang hadir di Rakornas Apdesi atau pun yang tinggal di desa masing-masing.

“Terima kasih ibu bapak telah bekerja dalam senyap. Ibu bapak telah bekerja di tempat yang terlihat. Tapi, ibu bapak yang menjaga agar suasana republik ini tetap tertib, tetap baik, dan tetap teduh,” kata Anies.

Anies juga menyampaikan bahwa desa merupakan sumber kekuatan bagi negeri dan ia berharap desa-desa yang ada di Indonesia dapat semakin besar dan kuat.

Sumber: kba

TUTUP
TUTUP