Isi Doa di GBK Bukti Anies Paham Semua Permasalahan Bangsa

Isi Doa di GBK Bukti Anies Paham Semua Permasalahan Bangsa

BeritakanID.com - Anies Baswedan memanjatkan doa kepada Allah SWT dalam acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Minggu, 16 Juli 2023.

Munajat yang disampaikan Anies di hadapan ratusan ribu orang yang hadir tersebut mencakup hampir seluruh persoalan bangsa saat ini.

“Sejumlah substansi harapan bahagian terbesar masyarakat anak bangsa telah dirinci dalam doa ABW [Anies Baswedan] sekaligus merupakan komitmennya untuk ditangani bila mendapatkan kepercayaan memimpin bangsa ini ke depan,” jelas akademisi senior asal Makassar, Abdul Madjid Sallatu, kepada KBA News Jumat, 20 Juli 2023.

Materi doa yang disampaikan Anies tersebut juga, lanjutnya, menunjukkan capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) tersebut memiliki pemahaman yang menyeluruh atas segenap permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini dan ke depan. Hal itu tidak lepas dari pengalamannya selama ini.

“Sebagaimana realitas ABW beraktifitas sejak sebelum menjadi Menteri Pendidikan sampai saat menjadi Gubernur DKI, ia telah mengumpulkan demikian banyak praktik cerdas untuk menangani dan menyelesaikan permasalahan kehidupan anak bangsa,” ucapnya.

“Nyaris semua terselesaikan dengan baik, terlepas bahwa di sana-sini masih ada pula yang harus dilengkapi dan diperbaiki. Tetapi tetap tersedia ruang dan waktu untuk penyelesaian lebih lanjut, bahkan untuk pengembangan dan perluasan cakupannya,” imbuh dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) yang purnabakti pada tahun 2013 ini.

Namun dia tidak menampik diperlukan ikhtiar yang padu dalam menghadapi tantangan dan tuntutan kehidupan yang amat luas dan kompleks saat ini. Ikhtiar untuk mencapai kesejahteraan dalam kesetaraan menuntut kerja-kerja besar secara bersama.

“Dalam perspektif itulah, keadilan dan persatuan ingin diwujudkannya di bawah tuntunan dan bimbingan Allah SWT,” kata begawan ekonomi berusia 75 tahun yang masih produktif menulis ini menekankan.

Karena itulah, menurutnya, Anies Baswedan menjadikan acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem sebagai momentum untuk mengajak segenap anak bangsa, baik yang hadir maupun yang tidak sempat hadir, bersama-sama bermunajat kehadirat Ilahi Rabbi untuk memohon ridha-Nya.

“Bagi yang mendengar ataupun membaca rincian ini, akan terlalu naif bila tidak mengaminkannya. Doa ABW ini sejatinya mampu masuk dalam kesadaran serta akal sehat setiap anak bangsa, sebagai kebutuhan nyata yang telah lama didambakan. Semoga diijabah oleh Allah SWT. Aamiin ya Robbal alamin,” demikian Abdul Madjid Sallatu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, saat menyampaikan pidato dalam acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem tersebut Anies Baswedan menjelaskan bahwa dia dalam berbagai kesempatan telah mengungkapkan apa yang menjadi gagasan, cita-cita, konsep, ide dengan arah menghadirkan keadilan, kesetaraan dan kesejahteraan.

Tapi, Anies mengingatkan, bahwa gagasan dan ikhtiar harus diiringi dengan doa dan tawakal atau berserah diri kepada Yang Kuasa. Karena itulah, dia mengajak massa yang berkumpul di GBK untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

“Karena itu, izinkan pada kesempatan ini, kami mengajak kepada semua berdoa kepada Allah SWT agar merahmati bangsa ini, agar mengangkat dari berbagai masalah. Karena itu saya mengajak kepada semua mari kita angkat tangan kita, sama-sama tengadahkan tangan kita, dan bantu aminkan doa saya, siap berdoa sama-sama?” imbuh Anies yang diiyakan oleh massa.

Dalam doanya, Anies memohon kepada Allah agar rakyat Indonesia diringankan biaya hidup, dimudahkan mendapatkan pendidikan bermutu dan gratis, mendapatkan layanan kesehatan yang cepat, pekerjaan yang layak, lepas dari jeratan utang.

Anies juga mendoakan kaum difabel agar mendapatkan perlindungan dan kesetaraan, mendoakan para pekerja migran agar terhindar dari kejahatan dan beban kerja yang tidak manusiawi, dan mendoakan para ASN agar dibebaskan dari kerumitan birokrasi, diberi keberlimpahan rezeki yang halal serta kecukupan hati agar terhindar dari godaan korupsi dan jebakan kriminalisasi. Termasuk mendoakan para pemimpin di negeri ini.

Tak lupa, master dan doktor jebolan Amerika Serikat ini memohon kepada Allah agar diberi perlindungan dalam mengikuti tahapan Pemilu 2024 dan dihindarkan dari berbagai fitnah dan kezaliman.

“Ya Tuhan yang Maha Perkasa, yang Maha Kuat. Dalam perjalanan ke depan, lindungi kami dari kedengkian, dari kezaliman. Jangan engkau jadikan kami sasaran fitnah. Sibukkanlah orang zalim dengan yang zalim lainnya. Selamatkan kami dari tipu daya dan kejahatan,” ucapnya.

“Limpahkanlah kesabaran atas kami dan teguhkan pendirian kami. Cukuplah Engkau sebagai penolong kami. Dan tak ada daya dan kekuatan selain pertolongan darimu ya Allah,” demikian antara lain doa yang disampaikan Anies Baswedan.

Sumber: kba

TUTUP
TUTUP