Hoaks! Anies Baswedan Keberatan Timnas Argentina Datang ke Indonesia

Hoaks! Anies Baswedan Keberatan Timnas Argentina Datang ke Indonesia

BeritakanID.com - Sebuah narasi menyebutkan Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan keberatan jika Timnas Argentina datang ke Indonesia.

Seperti diketahui, sekitar dua minggu lagi Indonesia akan menggelar FIFA Matchday 2023 melawan Palestina dan Argentina.

Dalam sebuah unggahannya, akun YouTube KABAR NUSANTARA mengunggah video berjudul ‘VIRAL!! Anies Tolak Kedatangan Argentina Ke Indonesia, Erick Thohir Permalukan’. Video berdurasi 8 menit 6 detik ini diunggah pada Minggu 4 Juni 2023 dengan menggunakan foto thumbnail Anies Baswedan duduk semeja dengan Najwa Shihab dan Erick Thohir.

Dalam foto itu ada tulisan “BREAKING NEWS !! ANIES DI PERMALUKAN DI ACARA TV TOLAK KEDATANGAN ARGENTINA, BERUJUNG MALA PETAKA”

Video ini dibuka dengan cuplikan pernyataan Erick Thohir.

“Kita berada di lapangan karena kecintaan kita kepada bola dan kecintaan kepada negara,” ujar Erick dalam video itu.

Sampai menit 1:50 video ini diisi cuplikan pernyataan Erick Thohir dan di menit 1:54 menampilkan Anies Baswedan bermain bola.

“Di bagian media sosial Khusnul Khotimah menyatakan bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan sebagai pembual. Ia pun membandingkannya dengan Menteri BUMN Erick Thohir,” ujar narator bersuara perempuan.

Di menit ke 2:25, narasi merembet kepada bahasan sosok Anies Baswedan dibandingkan dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan Ganjar Pranowo.

Sampai akhir video, tidak ada bahasan yang valid tentang penolakan Anies terhadap kedatangan Timnas Argentina ke Indonesia.

Kesimpulannya, video ini adalah konten yang dimanipulasi dan mengandung berita hoaks. 

Sumber: kbanews

TUTUP
TUTUP