Jabatannya sebagai Gubernur Akan Habis, Ridwan Kamil Janji Lagi Soal Jalan Tol Khusus Tambang di Bogor

Jabatannya sebagai Gubernur Akan Habis, Ridwan Kamil Janji Lagi Soal Jalan Tol Khusus Tambang di Bogor

BeritakanID.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias kang Emil kembali melontarkan janji soal pembangunan jalan tol khusus tambang di Kabupaten Bogor bagian barat.

Pasalnya, jalan tol khusus tambang yang melewati tiga kecamatan yakni Cigudeg, Rumpin hingga Parungpanjang itu merupakan janji politiknya pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 lalu.

Namun, hingga memasuki tahun terakhir jabatan Gubernur Jawa Barat, Kang Emil masih belum mampu menuntaskan permasalahan jalur tambang yang sudah memakan nyawa warga sekitar.

Ridwan Kamil mengklaim bahwa selama 5 tahun terakhir, dirinya baru selesai membebaskan rencana jalan khusus tambang itu.

"Parungpanjang, Cigudeg sampai Rumpin, bahwa tol khusus tambang itu sudah dimulai sebenarnya sudah 11,5 kilometer insyaallah sudah terbebaskan," kata kang Emil, Senin 29 Mei 2023.

"Dan mayoritas jalannya sudah berbentuk (masih tanah)," lanjut dia.

Kang Emil kembali mengobral janji bahwa jalur tol khusus tambang itu akan selesai di tahun politik ini.

"Proses jalan terus, untuk Amdal dan sebagainya. Sehingga diharapkan satu tahun dari sekarang menurut perkiraan insyaallah bisa beroperasi," papar dia.

Kang Emil mengaku, jika tol khusus tambang itu sudah bisa beroperasi, angka kematian akibat truk pengangkut hasil tambang, bisa ditekan jumlahnya.

"Kalau ini selesai, insyaallah tidak akan terjadi lagi percampuran, yang menyebabkan banyak kemudaratan dan kematian," papar dia.

Tak hanya itu, Emil juga berjanji akan mengaspal jalan umum yang dilalui oleh masyarakat Kabupaten Bogor di bagian barat.

"Dan untuk jalur umum, nanti kita akan aspal. Saya sudah perintahkan itu akan dikerjakan setelah jalur tambangnya beres," papar dia.

"Jadi saya mohon warga bersabar satu tahun lagi. Insyaallah beres dan bisa menjadi kenyataan," tutup dia.

Sumber: suara

TUTUP
TUTUP